link

Sabtu, 12 Februari 2011

Download Makalah Hadits Tata Pergaulan

Berikut ini adalah postingan pertama dengan kategori Hadits. Pada link di bawah bisa di-download makalah hadits Tata Pergaulan yang merupakan materi pada mata kuliah Hadits II di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam. Isi makalah ini disesuaikan dengan silabus mata kuliah tersebut.
***

Jika kita memperhatikan kitab-kitab syarah hadits dan membandingkannya dengan kitab-kitab fiqih, kita akan mendapatkan pendekatan pembahasan dan metode penulisan yang berbeda. Kitab-kitab fiqih biasa dimulai dengan definisi/pengertian dari bab yang dibahas kemudian akan didatangkan dalil-dalil berikut pembahasannya dan baru melangkah pada kesimpulan.
 
Berbeda dengan kitab fiqih, kitab hadits (bukan matan, tapi syarah/kajian hadits) biasa dimulai dengan mengemukakan satu hadits kemudian dinilai sanadnya baru melangkah pada pembahasan hadits itu lalu diakhiri dengan kesimpulan. Ini juga yang kita dapatkan ketika membaca Fathul Bari tulisan Ibnu Hajar Al-Asqalani, Syarh Shahih Muslim tulisan Imam Nawawi, dan lain sebagainya. Dengan demikian satu disiplin ilmu memiliki karakter tersendiri dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Termasuk kajian hadits berbeda dengan kajian fiqih. Tetapi justru inilah yang membuat Islam kaya dengan ilmu dan metodologi.

Karenanya, makalah ini berusaha mengikuti metode penulisan kajian hadits, bukan kajian fiqih. Maka di setiap bab (dari bab II sampai bab VI) diawali dengan hadits yang akan dibahas, kemudian dikemukakan derajatnya, diuraikan pembahasannya, baru pokok kandungan hadits.

Makalah ini membahas tema Tata Pergaulan. Namun, isinya bukan membahas hadits-hadits mengenai etika interaksi laki-laki dan perempuan, etika pergaulan kaum muda dengan orang tua, ataupun etika konsep interaksi dengan non muslim melainkan membahas 5 sub tema. Pertama, orang yang terbaik adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Kedua, pengetahuan sebagai kunci kesuksesan. Ketiga, pengembangan keterampilan pada anak. Keempat, kemampuan seseorang dalam memilih sesuai keyakinan. Kelima, pekerjaan terbaik adalah hasil karya sendiri. Demikianlah silabus mata Kuliah Hadits II pada tema Tata Pergaulan. 


Untuk mendownload silahkan KLIK DI SINI.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More